Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

5 Jenis Tanaman Yang Mampu Mengusir Nyamuk

6 Jenis Tanmn Yang Mampu Mengusir Nyamuk
Lavender

Musim Kemarau telah berlalu, musim hujan yang diharapkan telah tiba. Nah kalau sudah musim hujan biasanya timbul genangan-genangan air tempat yang paling disukai nyamuk untuk meletakkan bakal keturunannya “jentik-jentik”.

Untuk mengantasipasi hal tersebut  berikut diperkenalkan 5 Jenis Tanaman yang mampu mengusir Nyamuk.

1.  Lavender
Biasanya Lavender untuk pengharum ruangan, namun dapat juga untuk mengusir: Nyamuk.  Saya sendiri menanam Lavender dalam Pot, ada 2 pot, satu diletakkan di depan rumah dan satu lagi di belakang rumah. Tanaman ini sangat menyukai matahari karena itu letakan di tempat terbuka, bau Lavender inilah yang tidak disukai Nyamuk.  Di alam bebas tanaman ini bisa tumbuh tinggi dan besar.
6 Jenis Tanaman Yang Mampu Mengusir Nyamuk
Lavender dlm Pot punya Admin lo

2.  Kemangi
Selama ini Kemangi dikenal sebagai Lalapan, Pepes Ikan, Pindang, Pepes Tahu dan lain-lain. Namun mungkin belum banyak yang tahu kalau Kemangi juga dapat digunakan untuk mengusir Nyamuk. Caranya tuangkan 4 ons air mendidih dalam 4 sampai dengan 6 ons daun kemangi. Biarkan selama berapa jam, lalu tuangkan 4 ons vodka dengan air kemangi tadi. Cairan sudah bisa disemprotkan.
6 Jenis Tanaman Yang Mampu Mengusir Nyamuk
Kemangi

3.   Lemongrass
Lemongrass juga bisa ditanam di dalam pot atau di tanah, tanaman sejenis rumput ini terdapat di Florida dan di Indonesia dikenal dengan nama “Sereh”. Lemongrass juga dapat mengusir Nyamuk. 
6 Jenis Tanaman Yang Mampu Mengusir Nyamuk
Lemongrass (Sereh)
4.  Lemon Thyme
Tanaman herbal yang satu ini bisa beradaptasi di daerah berbatu, kering atau di area yang tanahnya keras, selama daerah tersebut terkena sinar matahari. Namun ia tidak bisa mengusir Nyamuk dengan sendirinya. Memarkan daun Lemon Thyme terus digosokkan pada tangan dan anggota tubuh lainnya.
6 Jenis Tanaman Yang Mampu Mengusir Nyamuk
Lemon Thyme
5. Mint
Mint sudah dikenal sebagai bahan untuk minuman, selain itu juga bisa dipakai untuk mengusir Nyamuk. Aroma yang  ada dalam daun, tangkai dan bunganya. Untuk efektif mengusir nyamuk, penggunaannya  Mint dicampur dengan cuka apel.
 
6 Jenis Tanaman Yang Mampu Mengusir Nyamuk
Thyme
Tidak seperti tanaman pengusir Nyamuk lainnya. Tanaman ini lebih baik ditanam di dalam pot, ketimbang di tanah. Karena penyebarannya di tanah yang cukup agresif sehingga kalau ditanah akan susah dicabut.


Namun patut diingat bahwa semua tanaman tersebut sifatnya mengusir Nyamuk, tapi lebih baik  bila dilakukan pencegahan melalui perbaikan sanitasi lingkungan, jangan biarkan ada air yang menggenang cukup lama, karena akan menjadi tempat nyamuk berkembang biak. 

Preventif lebih baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 komentar:

Unknown mengatakan...

kemangi bisa ya ? saya baru tau tuh

Unknown mengatakan...

Dicoba aja..Putri Devina...kemangi juga bisa jadi bahan Pestisida Alamia/Botani kok

Dwi Sugiarto mengatakan...

jadi pengin coba ngusir nyamuk pakai kemangi nanamnya gampang

Unknown mengatakan...

Coba aja...Kang Dwi...

Wahab Saputra mengatakan...

Kemangi bisa buat ngusir nyamuk jg ternyata,,kirain cuma bisa buat sayur sama lalap mas,,,

Unknown mengatakan...

heeee dicoba aja Kang Wahab...tapi sdh dalam bentuk larutan ya..bukan kemangi hidup..heee

Posting Komentar