Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

13 Tanaman Bermanfaat untuk Pestisida Nabati

Pestisida Nabati
Pohon Mimba
Tanaman Bermanfaat untuk Pestisida Nabati mempunyai prospek yang sangat potensial, karena Indonesia mempunyai keanekargaman hayati yang cukup banyak dan masih terbuka lebar.

Banyak hal yang bisa dihemat dengan menggantikan Pestisida Kimia dengan Pestisida Nabati yang dapat diproduksi sediri oleh masyarakat.

Selain itu juga ada dukungan dari masyarakat Indonesia yang sudah mulai melek dan menghargai hasil pertanian yang bebas residu pestisida kimia, Sudah mulai menjadi trend untuk mengkonsumsi bahan makanan sehat dan aman.

Pestisida ini bila dikelompokkan menurut objek yang Organisme Pengganggu (OPT) yang dikendalikan, bisa dibagi menjadi Insektisida (untuk mengendalikan Serangga), Herbisida (untuk mengendalikan Gulma) dan Fungisida (untuk mengendalikan Fungi/Jamur). Namun dalam artikel ini fokus yang akan diuraikan hanya pada Insektisida dan Fungsida Nabati.

Berikut 13 Tanaman untuk Pestisida Nabati

1). Biji Mimba
Biji Mimba yang ditumbuk halus kemudian dilarutkan dalam Alkohol. Larutan ini selanjutnya diencerkan dengan liter air lalu diendapkan semalam. Keesokan harinya larutan disaring dengan kain halus. Ramuan ini dapat mengendalian Hama Wereng Coklat, Penggerek Batang dan Nematoda yang mengganggu tanaman semusim seperti padi. Hama ini akan mati setelah 2 – 3 hari setelah penyemprotan.

2). Daun Babadotan
Daun Babadotan (Agratum conyzoides) yang dianggap sebagai gulma, ternyata dapat dimanfaatkan sebagai Insektisida Nabati. Karena mengandung Safonin, flavanoid, polifenol dan minyak atsiri. Tepung daun Babadotan dicampur dgn tepung terigu direndam dalam air berisi detergen dan diendapkan semalam mampu menghambat pertumbuhan telur serangga menjadi kepompong

3.Daun Sirsak
Ramuan daun Sirsak dicampur dengan sabun colek yang dilarutkan dalam air semalam dapat dipakai untuk mengendalikan hama Thrips yang menyerang cabai.

4.Bawang Putih
Hasil tumbukan hasil umbi bawang putih direndam dalam minyak tanah terus diendapkan 24 jam dapat digunakan untuk Menolak Kehadiran Serangga (refelen)

5.Daun Eukaliptus
Daun Eukaliptus yang kering ditebarkan sekitar 0,5 cm diatas tumpukan Kentang di gudang penyimpanan dapat menekan serangan Ulat penggerek umbi kentang

6.Daun Tembelekan
Daun Tembelekan yang kering ditebarkan sekitar 0,5 cm diatas tumpukan Kentang di gudang penyimpanan dapat menekan serangan Ulat penggerek umbi kentang

7.Biji Mahoni
Rebusan Biji Mahoni dapat mengusir Walang Sangit pada tanaman padi.

8.Biji lada hitam
Buah Lada Hitam yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk sangat efekif untuk mengendalikan hama gudang.

9. Kemuning Culang
Kulit batang dan ranting Kemuning Culang yang telah dihancurkan direbus dalam air selama 30 menit dapat digunakan untuk  menekan Ulat Krop pada Daun Kubis

10.Biji buah lerak
Ekstraksi buah dan biji lerak dan dicampur etanol dapat digunakan untuk mengendalikan jentik nyamuk Aedes Agepti dan dapat mematikan Nyamuk Dewasa, serta bersifat sebagai refelen yang mencegah kehadiran nyamuk.   

11.Daun Tembakau
Campuran Daun Tembakau dengan detergen direbus dan diendapkan semalam dapat berfungsi sebagai refelen (penolak kehadiran serangga), racun perut, racun kontak dan racun pernafasan bagi serangga

12.Daun Sirih
Air perasan daun sirih dicampur air mampu mengendaikan jamur Phytopthera palmivora penyebab penyakit busuk pangkal batang yang menyerang tanaman padi.

13. Daun Cengkeh
Daun cengkeh dapat dipakai untuk mengendalikan Jamur Fusarium axyisporum pada tanaman Panili

Sumber:
Novizan, Membuat & Memanfaakan Pestisida Ramah Lingkungan, Agromedia Pustaka 2002










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 komentar:

seno mengatakan...

Lingkungan sekitar memang memberikan banyak pilihan dan manfaat bagi kita ya mas..salam kenal makasih

seno mengatakan...

Lingkungan sekitar memang memberikan banyak pilihan dan manfaat bagi kita ya mas..salam kenal makasih

Unknown mengatakan...

Iya betul sekali Tabuhgong....Indonesia kaya dengan keaneragaman hayati...
Salam kenal kembali

Wahab Saputra mengatakan...

banyak juga mas tanaman yang bisa di jadikan pestisida

Unknown mengatakan...

Iya tu Kang Wahab....itu baru yag terekspos dari hasil penelitian..

Anonim mengatakan...

sangat banyak sumber tanaman yang bisa dijadikan pestisida, memang tak salah pestisida yang dijual bahkan sangatlah banyak :)

Unknown mengatakan...

Betul banget kang Muhammad Mukhlis,,,

Posting Komentar